Friday, April 3, 2009

Paradox of BAHASA INDONESIA

pagi ini gua terbangun dengan perut yang sakit. GOSH! I found red spot on my underwear!! what the hell.. padahal hari ini gua ada Try Out UN!! udah jatoh, ketiban gajah!

okay.. i went to school and did two damn tests. pertama gue tes bahasa indonesia. sumpah deh!! ga ngertiiii! I'm indonesian but i don't uderstand Bahasa Indonesia!! It's freaking complicated.
Yaaa kalo sekedar bahasa gaulnya aja gua bisa.. Tapi kalo mesti bahasa baku.. mending gua ngomong bahasa hewan dah (kayak bisa aja lu dit??!). Gataaaaaal.

Soal soalnya ngebingungin banget.. Dari 50 soal, gua nggak ada yang yakin satu pun!! I'm such a fool, am i?? Noooo.. That's not my fault. Emang soalnya aja yang kurang ajar.. Coba aja jawab ni soal dah!!


38. Cermatilah gurindam berikut!

Apabila anak tidak dilatih
Jika besar bapaknya letih

Maksud gurindam tersebut adalah...
A. Anak harus disekolahkan dari kecil supaya membantu bapaknya.
B. Anak harus dilatih dari kecil supaya menurut kepada orang tua.
C. Anak yang tidak diberi pelatihan oleh orang tuanya dapat menimbulkan permasalahan.
D. Anak yang tidak diberi pendidikan oleh orang tuanya dapat menjadi malas.
E. Anak yang dididik sejak kecil akan membahagiakan bapaknya.

so what's your answer??
okay.. because my mind was really blank.. i chose the longest choice. gua pilih yang terpanjaaaang. it's C!! Oh GOD my mind seems to be running out of my head!!
Habis gua bingung.. Kayaknya tuh jawaban bener semua dah!! Sungguh AMBIGU =.=
Anybody can explain the rite answer to meeeee? x'(

2 comments:

balbilbul said...
This comment has been removed by the author.
balbilbul said...

kalau kata aku ya neechan jawabannya yang lebih tepat itu yang c, soalnya kenapa?

kalau yang a..
"Anak harus disekolahkan dari kecil supaya membantu bapaknya"
*kalau cuma buat bantu bapak mah anak gak usah disekolahin lagian gak sesuai sama gurindamnya kan? berarti kalau anaknya udh besar, bapaknya gak letih dong? malahan bahagia bisa dibantu sama si anak

kalau yang b..
"Anak harus dilatih dari kecil supaya menurut kepada orang tua"
*emang dilatih apanya? kok ntar bisa nurut? pernyataan yang tidak jelas lagipula kalau menurut sama orang tua tapi kalau orang tua nyuruh yang gak baik? menurutnya dalam hal apa dulu? nah ini juga sama aja berarti bapaknya gak letih kaan?

kalau yang d..
"Anak yang tidak diberi pendidikan oleh orang tuanya dapat menjadi malas"
*hmm.. bisa juga sih soalnya kan kalau anak tidak diberi pendidikan oleh ortu nanti menjadi malas lalu membuat bapaknya letih memberitahu anaknya kalau malas itu tidak baik. tp rasanya ada sesuatu yang janggal, ada yang "miss" dari gurindam yang harus dicermati itu hahaa

kalau yang e..
"Anak yang dididik sejak kecil akan membahagiakan bapaknya"
*belum tentu kan anak yang dididik sejak kecil itu akan bahagiain bapaknya dan juga kalau begitu bapaknya gak lelah dong kalau anaknya sudah besar nanti?

jadii..
yang lebih tepat yang c "Anak yang tidak diberi pelatihan oleh orang tuanya dapat menimbulkan permasalahan", karena:

apabila anak tidak diberi pelatihan dapat menimbulkan permasalahan setelah besar dan menimbulkan keletihan pada sang bapak karena ia akan kerepotan mengurus anaknya yang mendapatkan banyak permasalahan ituhehee tapi itu cuman kemungkinaaaan yaaa neechan aku gak tau pasti, tp ngerjain soal2 bahasa indo itu enak tau! hahaa XD